Monday 28 July 2014

Six Thinking Hats: Cara mudah Menjadi Kreatif

#Serial: Menggali Potensi Diri, Menjadi Pribadi Sukses

Six Thinking Hats merupakan cara berpikir secara komprehensif untuk mendapatkan hasil yang optimal. Metode ini sangat efektif untuk mencari dan membangun solusi dari suatu permasalahan.

Karena dengan Six Thinking Hats kita menggunakan potensi-potensi diri yang bisa saja terlewatkan ketika menangani suatu permasalahan.


Cara Menerapkan Six Thinking Hats

Kita menggunakan Six Thinking Hats agar pikiran bisa fokus terhadap setiap sisi, karena setiap fungsi dari Hats berperan dalam menggali sisi tertentu.

Caranya:
Setiap enam elemen diwakili oleh topi imajiner. Masing-masing topi berwarna berbeda.  Ketika menggunakan topi ini Anda secara otomatis menjalankan fungsi dari topi tersebut.



Putih. Untuk "memanggil" informasi. Informasi ini hanya fakta dan fakta. Saat Anda sudah menggunakan topi imajiner ini, Anda tidak melakukan apapun kecuali mengumpulkan fakta-fakta yang ada. Anda akan merasakan bahwa Anda bisa fokus dalam proses melakukan pengumpulan fakta ini.

Hijau. Fokus terhadap kreatifitas, kemungkinan-kemungkinan, ide alternatif lain, atau ide-ide baru. Ini merupakan kesempatan untuk mengekspresikan ide-ide atau konsep baru.

Merah. Warna ini mewakili perasaan. Perhatikan perasaan Anda terhadap ide-ide yang ada. Termasuk di dalamnya untuk membiarkan intuisi Anda bekerja. Ketika menggunakan topi merah ini Anda mengekpresikan emosi dan perasaan seperti takut, senang, benci, dan lain sebagainya. Tapi bukan untuk menjudge.

Kuning. Warna kuning adalah simbol optimisme. Di bawah kendali topi ini Anda menemukan sisi positif, keuntungan, dan sisi terang dari ide yang ada.

Hitam. Merupakan topi yang digunakan untuk mengeksplorasi sisi negatif: melihat kesulitan-kesulitan, bahaya, dan sisi negatif lainnya.

Biru. Topi warna biru digunakan sebagai pengatur dari proses berpikir ini. Topi ini memastikan bahwa setiap proses Six Thinking Hats berjalan sebagaimana mestinya.


Tahap demi tahap dalam Six Thinking Hats bisa digunakan setiap kali Anda ingin mengambil keputusan apapun. Misalnya ketika kita ingin membeli sesuatu, rumah misalnya, kita kita harus menggunakan topi putih (fakta-fakta). Kumpulkan semua fakta yang ada. Jangan beralih ke proses lainnya ketika menggunakan topi ini. Kemudian gunakan warna kuning untuk melihat kebaikan dan sisi positif yang ada. Apa saja kebaikan yang bisa Anda dapatkan? Lalu gunakan lagi topi warna hitam dimana kita melihat kesulitan-kesulitan dan sisi negatifnya. Beban-beban apa jika membeli rumah. Apa saja kerugiannya. Barulah Anda menggunakan topi merah. Perhatikan perasaan Anda. Perasaan apa yang mendominasi diri Anda. Ini berfungsi juga untuk menjalankan fungsi intuisi.

Terakhir gunakan topi biru untuk memastikan seluruh proses berjalan sebagaimana mestinya.

Begitulah metode berpikir komprehensif yang dapat membukan potensi diri Anda dengan mudah. Terapkan selalu hingga Anda terbiasa menggunakannya.

#potensi-diri
#cara-menggali-potensi-diri