Wednesday 30 July 2014

Potensi Diri Adalah

Potensi Diri

Potensi Diri adalah sesuatu yang terpendam dalam diri manusia, yang dapat dieksplorasi dan digali untuk mencapai prestasi pada titik optimum. Potensi diri juga dapat diartikan sebagai kemampuan dan kekuatan baik yang terwujud maupun yang belum terwujud pada diri seseorang namun belum sepenuhnya dikelola dengan sangat maksimal. 

Potensi manusia dapat digambarkankan dalam istilah IQ, EQ, dan SQ. 

#1. IQ

IQ adalah potensi diri manusia yang berupa kemampuan untuk menalar, merencanakan sesuatu, berfikir, memahami gagasan, kemampuan berbahasa, dan kemampuan memecahkan masalah.

IQ sendiri merupakan potensi manusia yang bersifat tumbuh-kembang, dalam arti potensi tersebut tidak tetap dan mutlak, melainkan bisa berkembang lebih tinggi apabila diiringi proses belajar.

#2. EQ

EQ adalah potensi diri manusia yang berupa kemampuan mengendalikan diri, semangat, keuletan, ketekunan, dan kemampuan untuk mengembangkan diri sendiri. EQ juga merupakan pengertian dari ketahanan diri terhadap rasa frustasi, kemampuan mengendalikan emosi dan keinginan-keinginan, kemampuan berempati terhadap perasaan orang lain, dan daya pimpin terhadap lingkungannya.

#3. SQ

Potensi diri manusia yang bernama SQ merupakan jawaban mengenai makna hidup yang dicari oleh spiritualitas manusia. Kecerdasan SQ berfungsi untuk membantu manusia untuk menemukan citra diri sejati terlepas dari adat atau kebiasaan lingkungan. Dengan SQ manusia bisa memahami dirinya sendiri dengan inner power. Potensi diri ini bisa menjadikan manusia untuk menggali mata air kedamaian dari dalam dirinya sendiri.

Potensi Diri dapat Dikembangkan

Ada sebagian orang yang meyakini bahwa IQ tidak bisa diubah. Namun dari studi yang dilakukan, IQ kita bisa ditingkatkan, tentunya dengan cara belajar. Dengan belajar katup-katup potensi diri itu terbuka dan mengalirkan potensi diri yang sebelumnya terpendam.


Oleh karena itu, seluruh potensi yang ada pada manusia dapat dikembangkan sehingga bisa mencapai titik optimum. Potensi diri ini pada gilirannya bisa digunakan untuk menjalani kehidupan dengan kemudahan dan penuh dengan kebahagiaan.

Seimbang

Setiap orang memiliki potensi yang sama. Hanya saja masing-masing memiliki tingkat perbedaan pada sisi dominasi potensi itu sendiri. Misalnya pada salah satu orang potensi diri yang paling menonjol adalah sisi EQ-nya. Lebih spesifik lagi misalnya tekun.

Namun sebenarnya kita bisa menjadikan seluruh potensi itu berada dalam kesetimbangan. Sehingga seluruh potensi itu bersatu untuk menjadikan diri kita sebagai pribadi yang benar-benar sukses dari segala sisi.

Misalnya ada seseorang yang cerdas secara intelektua (IQ). Akan tetapi ia selalu merasa takut menghadapi kehidupan ini, merasa minder, atau merasa kurang dihargai. Maka meskipun sebenarnya ia cerdas secara intelektual, namun secara emosional tidak cerdas.

Ketidakseimbangan ini bisa mengakibatkan tertutupnya peluang untuk menjadi sukses. Oleh karena itu sangat penting untuk menyeimbangkan semua potensi diri yang ada.

#potensi-diri
#potensi-diri-adalah