Wednesday 3 September 2014

4P Marketing Mix - Pengertian Marketing Mix

4P Marketing Mix | Strategi Marketing Pengulik Usaha




4P Marketing Mix -- Salah satu kecerdikan yang paling diperlukan dalam dunia usaha adalah marketing. Jika kamu berani mengeluarkan isi dompetmu untuk sesuatu yang kadang tidak kamu perlukan, itu juga adalah kecerdikan orang-orang marketing. 

Di sini tidak hanya belajar marketing. Tetapi ada permainan psikologi. Itu poin pentingnya. Misalkan untuk menjual kendaraan besi, yang dijual bukan barangnya tetapi gaya hidup. Kamu membeli baso di pinggir jalan seharga 10.000. Ketika kamu masuk ke mall itu bisa 70.000. Kamu tidak hanya membeli baso, tetapi membeli juga suasana yang diciptakan si penjual.

Kamu bisa membeli tas hanya 100.000. Tapi dengan menjual gaya hidup, produsen bisa menjual seharga 100.000.000. Ya, seratus juta.  Mereka tidak akan menjual barang dengan bahasa 'dijual', 'diobral!". Mereka akan melekatkan tas tersebut di pinggang perempuan cantik menawan berkesan kaya raya. Nah, itu yang dimasukan ke alam bawah sadar konsumen. Jadi konsumen tidak hanya melihat tas, tetapi melihat kesan secara keseluruhan. Itu yang ada di benaknya. 

4P Marketing Mix - Konsep Simple dalam Marketing

Inilah minimal garis besar yang dilakukan dalam 4P Marketing Mix. 
  1. Price
  2. Product
  3. Promotion
  4. Place
Faktor #1: Price. Buatlah daftar harga. Gunakan strategi diskon. Riset juga daya beli target konsumen. Setelah itu pilihlah strategi pembayaran, cash atau kredit.

Faktor #2: Product. Dalam konsep 4P Marketing Mix, poin product mencakup hal-hal berikut: Variasi Produk, Kualitas, Design, Fitur, Merek, Kemasan, Ukuran, Layanan, Jaminan, dan Pengembalian. Dengan memperhatikan poin tersebut, kamu akan mudah menilai produkmu sendiri.

Faktor #3: Promotion. Ini langkah penting dalam usaha. Silakan simak apa saja yang perlu diperhatikan dari promotion: promosi, iklan, pramuniaga, public relation, dan direct marketing. 

Faktor #4: Place. Konsep price masih merupakan hal penting dalam marketing. Konsep ini mencakup: Jalur, Ruang Lingkup atau cakupan, Daftar Isi, Lokasi, Inventori, dan Transport.

Jika kamu sudah memiliki impian megah, hal termahal adalah eksekusinya. Semua ilmu marketing itu hanya bermakna bila kamu praktek, praktek, dan praktek.