Monday 28 July 2014

Menumbuhkan dan Melejitkan Daya Kreatif

#Serial Menggali Potensi Diri, Citra Pribadi Sukses

Kini semakin sering kita mendengar kata kreativitas. Zaman semakin membutuhkan kreativitas dan orang-orang kreatif. Masih ada sebagian orang yang memiliki pandangan bahwa kreatifitas hanya milik orang-orang tertentu. Tentu saja cara pandang ini salah. Kita semua mempunyai daya kreatif. Dan kita pun membutuhkan kreatifitas agar bisa hidup sukses.

Apabila melihat peluang di lingkungan Anda sendiri, kemudian Anda berpikir dan bertindak mengambil peluang itu, maka Anda sudah dikatakan kreatif. Adanya pemikiran bagaimana bisa menghasilkan uang dari sumber-sumber berbeda, itu juga bisa dikatakan kreatif.


Aku Orang Kreatif

Pernah dilakukan sebuah riset pada suatu perusahaan baja yang hendak bangkrut. Pemimpin perusahaan menggunakan jasa konsultan agar bisa mempertahankan perusahaan itu.

Salah satu cara yang dilakukan konsultan tersebut adalah dengan meminta para pegawai untuk berpikir bahwa mereka adalah orang-orang kreatif.

Hasilnya sungguh mencengangkan. Kreatifitas itu muncul tanpa bisa dibendung. Bahkan orang-orang baru yang masuk ke dalam kumpulan itu, dan merasa masuk di kelompok kreatif, akhirnya merekapun memiliki pemikiran-pemikiran kreatif.

Hanya dengan percaya bahwa mereka kreatif, potensi diri yang bernama kreatifitas itu langsung melejit. Sebaliknya bila ketika mereka percaya bahwa mereka sedang berada dalam tekanan, membutuhkan orang-orang hebat untuk mempertahankan kehidupan perusahaan, kreatifitas itu tidak pernah muncul.


Thinking Hats

Dari hasil studi di atas, Edward de Bono mengajukan cara berpikir yang sangat kreatif, yakni dengan istilah yang dikenal Six Thinking Hats.

Six Thinking Hats berkenaan sebagai cara mudah untuk dapat mengalami proses berpikir yang mendetil dan komprehensif dalam sebuah kelompok tertentu.

Enam poin dalam proses berpikir thinking hats adalah:

  • Managing (Biru)-- Apa yang kita pikirkan? Apa tujuannya?
  • Information (Putih) -- Kumpulkan seluruh informasi yang ada. Faktanya apa saja?
  • Emotions (Merah) -- intuisi dan bagaimana perasaan kita, tetapi tidak memvonis.
  • Discerment (Hitam) -- logika-logika mengenai unsur negatif dari pikiran.
  • Optimistic Respons (Kuning) -- Logika yang mencari sisi keuntungan dari ide-ide kita.
  • Creativity (Hijau) --- statement yang mengarahkan langkah apa yang kita ambil untuk mengeksekusi ide yang sudah disetujui. 
#potensi-diri
#kreatifitas