Monday 28 July 2014

Potensi Diri


Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal.

Masing-masing kita memiliki potensi diri luar biasa untuk meraih apa yang kita cita-citakan. Potensi diri ini tidak akan pernah habis untuk digali karena potensi itu jumlahnya tak terkira.

Setiap potensi diri yang ada merupakan tanda bahwa kita memiliki kesempatan untuk bisa maju dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.



Tujuan Hidup

Potensi itu akan kita temukan apabila kita memiliki tujuan dalam hidup. Tujuan hidup itu yang memaksa kita menemukan dan menggunakan potensi diri.

Tanpa memiliki tujuan hidup, sangat mustahil bisa menggali potensi dalam diri kita. Karena potensi itu digunakan agar kita bisa meraih apa yang kita cita-citakan.

Potensi apa saja yang ada dalam diri kita?
  1. Kemampuan Dasar.Termasuk daya nalar, daya tangkap, logika
  2. Etos Kerja. Potensi diri yang termasuk dalam etos kerja di antaranya: keuletan, efisiensi kerja, daya tahan.
  3. Kepribadian. Yakni pola menyeluruh semua kemampuan, kebiasaan, pola pikir dan emosi.
Setiap potensi diri tidak bisa begitu saja muncul ke permukaan. Kita harus menemukan, melatih, dan mengembangkannya sehingga kita mencapai titik optimum.

Dan percayalah, bahawa setiap orang memiliki potensi diri luar biasa. Termasuk Anda.

Gali Potensi Diri
Galilah potensi diri menjadi pribadi sukses. Kita bisa menggali potensi diri sebagai orang sukses dengan berbagai cara, di antaranya:
  1.  Hilangkan kebiasaan melemparkan kesalahan pada orang lain. Tidak sedikit orang yang ingin sukses akan tetapi selalu menyalahkan orang lain atau kondisi tertentu atas ketidakberhasilannya. Misalnya ia mengatakan tidak mungkin meraih keberhasilan karena ia tidak memiliki modal untuk itu. 
  2. Milikilah Tujuan Hidup yang Jelas. Kita hanya bisa fokus kepada satu tujuan jelas, sehingga semua tenaga dan energi kita terserap ke sana. Apabila tidak ada tujuan, energi dan potensi kitapun tidak mungkin terarah dengan baik. 
  3. Tanamkan Keyakinan. Keyakinan merupakan senjata paling tajam agar kita berani untuk terus begerak menuju tangga kesuksesan. Potensi diri-pun dapat tergali manakala kita memiliki keyakinan. 


#potensi-diri
#menggali-potensi-diri