Monday 28 July 2014

Jangan Pernah Merasa Miskin: Bukti Ilmiah

Jangan pernah merasa miskin. Bukti-bukti ilmiah menemukan jika Anda merasa miskin maka secara tidak sadar Anda berusaha membuktikan bahwa Anda benar-benar miskin. Mekanisme ini juga berlaku bagi perasaan-perasaan lainnya, misalnya Anda melihat diri Anda sebagai penulis besar, maka Anda akan berusaha mewujudkannya. Bagaimana sains menjelaskan hal ini?


 #Alam Bawah Sadar, Otak, dan Servo Mechanism

Seluruh informasi terutama pada usia nol hingga 10 tahun diserap oleh kita dan menjadi self-image. Setiap orang mempunyai self-image yang kuat tentang siapa diri mereka. Semua bentuk kesadaran, pikiran-pikiran, kemampuan berimajinasi, dan kebiasaan-kebiasaan kita yang berjalan secara otomatis, seluruhnya dikendalikan oleh self-image. Dengan kata lain, otak kita sebenarnya adalah pelayan dari self-image itu.

Self Image adalah Tujuan. Tidak banyak yang menyadari bahwa self-image adalah tujuan otak kita. Self-image itulah yang mengarahkan otak kita kemana tujuan hidupnya. Seluruh aktivitas otak bekerja mencari cara agar self-image ini terwujud, atau disebut servo mechanism. Dengan kata lain self-image merupakan goal-image.

Sistem dari alam bawah sadar bekerja untuk mengejar self-image atau gambar diri. Nah, dengan sistem servo mechanism ini maka sistem alam bawah sadar bisa menjadi jalan kegagalan atau kesuksesan.

Sekalipun Anda ingin berhasil atau sukses, tetapi image Anda berupa "orang tidak sukses" maka sangat sulit mencapai kesuksesan. Karena tanpa kita sadari, sistem servo mechanism secara otomatis mencari berbagai cara untuk mewujudkan image Anda sebagai orang tidak sukses.

Sebaliknya, jika Anda seorang yang qonaah, merasa cukup dengan apa yang Anda miliki, ridha dan ikhlas atas segala pemberiannya, berarti Anda memiliki image sebagai orang kaya; orang yang memiliki banyak hal. Servo mechanism bekerja dengan berbagai cara mewujudkan image Anda itu. Jika image Anda adalah pribadi sukses atau orang kaya, maka dengan sendirinya secara otomatis servo mechanism mencari berbagai cara untuk mewujudkan image itu sebagai orang kaya.

Cara alam bawah sadar bekerja ini menyadarkan kita untuk selalu memiliki pikiran positif, perasaan positif, dan image positif. Nilai-nilai abadi seperti -- qonaah dan zuhud --  merupakan jalan menuju kekayaan tiada habisnya.

#Memasukan Pengalaman Baru
Jika memang kita belum termasuk orang yang mampu untuk ridha atas pemberian dari-Nya, cobalah dengan cara visualisasi. Proses visualisasi ini mesti dilakukan sedetil mungkin. Gunakan seluruh panca indera untuk menghasilkan visualisasi yang baik.

Visualisasi dilakukan untuk memasukan pengalaman-pengalaman baru ke alam bawah sadar. Pengalaman-pengalaman baru ini kelak menjadi image baru sesuai dengan keinginan kita. Semua pengalaman yang diperoleh dengan proses visualisasi akan diterima oleh alam bawah sadar sebagaimana ia menerima pengalaman nyata. Perlu diingat bahwa alam bawah sadar tidak membedakan pengalaman imajiner dengan pengalaman nyata.

Lakukan visualisasi dengan tekun hingga alam bawah sadar menerima image baru. Secara otomatis alam bawah sadar akan menjalankan servo mechanism untuk mewujudkan image dalam benak Anda. 

#alam-bawah-sadar
#cara-alam-bawah-sadar-bekerja