Thursday 24 July 2014

Menggali Potensi Diri

 #Serial Mindset Sukses, Cara Hidup Sukses

Dalam menggali potensi diri, tradisikanlah hal-hal berikut:


  • Berpikir dengan Wawasan Luas. Berpikir tentang hal-hal yang memberikan wawasan luas. Pemikiran tentang kegagalan harus dijauhi. Dimanapun Anda berada, bentuklah pribadi dengan pemikiran yang terarah, baik di kantor, di rumah, di pusat perbelanjaan, di mana saja. Lalu dengarkanlah bisikan hati,
"Saya pribadi yang positif, " "Hati saya bahagia jika saya berhasil."
"Saya yakin saya berhasil."
  •  Miliki Mindset Berkembang. Berpikir dan merasa bahwa Anda adalah orang yang mampu, jauh lebih hebat dari apa yang Anda duga sebelumnya. Pribadi sukses bukanlah orang jenius, melainkan orang yang percaya bahwa kemampuan bisa terus dikembangkan jika dilatih. Kejeniusan bukan faktor utama kesuksesan. Justru kita melihat banyak orang-orang yang dianggap jenius namun kehidupannya sangat redup.
  • Kesuksesan bukan karena keberuntungan. Cara berpikir orang sukses selalu pro-aktif. Mereka percaya setiap orang bisa sukses asal memenuhi syarat-syaratnya, seperti bekerja keras, tekun, ulet, pantang menyerah, memiliki pikiran positif, dan melakukan hal-hal positif. Orang sukses sama dengan manusia lainnya, hanya saja mereka memiliki keyakinan.
  • Tidak Terpengaruh Suara Negatif. Adakalanya cita-cita orang sukses dianggap tidak mungkin pada awalnya. Namun mereka tidak mendengarkan suara-suara yang mengecilkan atau meremehkan. Cara hidup seperti ini sudah bisa dianggap sukses karena mereka mengalahkan suara negatif dan menggantikannya dengan keyakinan kuat. 
Ada kalimat menarik yang diucapkan oleh pimpinan General Electric, "Yang dibutuhkan adalah seseorang yang dapat memantulkan kepemimpinan dalam dirinya sendiri dan selalu mengadakan program untuk dirinya sendiri dan perusahaan, disertai oleh keyakinan dan ketekunan untuk pengembangan kepribadian. Karena tidak ada yang memapu memerintah seseorang untuk berkembang. Apakah seseorang itu terus berkembang dan maju ataukah dia mandek alam bidangnya, semuanya itu adalah keputusannya sendiri. Karena hal-hal serupa ini, pengembangan kepribadian, meningkatkan kualitas kemampuan atau kualitas diri memang membutuhkan waktu, usaha, kerja keras, dan pengorbanan. Dan tidak ada orang lain yang dapat melakukannya untuk Anda kecuali Anda sendiri."

Itulah sebagian cara memiliki mindset sukses dan cara hidup sukses. Kini Andalah yang harus mempraktekannya.