Thursday 24 July 2014

Keyakinan: Pilar Utama Melukis Kehidupan Sukses

“Saya selalu yakin, bahwa saya akan kaya dan tak pernah meragukannya biar semenitpun.". -- Warren Buffet

#Serial Mindset Sukses, Cara Hidup Sukses

Keyakinan

Kesuksesan yang didasarkan keyakinan bukanlah satu impian kosong. Apabila kita berbicara dengan mereka yang telah menghasilkan karya besar, membangun perusahaan, menduduki jabatan tinggi, dan hal lainnya yang tampaknya tidak mungkin, maka keyakinan-lah yang membuat mereka berani bergerak. 

Dibalik semua karya besar di bidang apapun - apakah itu sains, ekonomi, entrepreneurship, pendidikan, karir - pasti selalu didasarkan pada keyakinan kuat. Keyakinan itu yang menjadi ruh dari semua tindakan menuju keberhasilan. Sebaliknya jika Anda yakin tidak akan berhasil, maka itulah yang terjadi. 


Jadi siapapun yang ingin menempuh cara-cara hidup sukses mesti memiliki keyakinan yang positif. Perhatikan orang-orang yang selalu berkata, "Wah, saya tidak mungkin bisa melakukannya..." maka mereka akan hidup dalam kelemahan dan keterbelakangan. Keyakinan negatif itu membuat mereka merasa tidak berdaya. Dan ketika keyakinan itu terbukti, semakin menguatkan bahwa mereka benar-benar tidak bisa. 

Setiap kualitas individu merupakan hasil dari bagaimana ia menempatkan dirinya. Jika mereka menempatkan diri sebagai pribadi yang tidak mampu, tidak bisa, lemah, tidak memiliki kemampuan, maka begitulah mereka akan menampilkan dirinya. Berbeda dengan orang yang yakin mampu, maka setiap geraknya berusaha untuk membuktikannya. 

Oleh karena itu, kita harus memperhatikan bagaimana pola pikir kita. Apakah pola pikir kita membentuk kita sebagai pribadi yang lemah, apakah pola pikir kita membentuk kita sebagai pribadi yang kuat? 

Jika kita menginginkan kesuksesan, kita mesti mengikuti tradisi orang-orang sukses, mengikuti cara-cara hidup mereka, tidak terkecuali bagaimana cara berpikir mereka.  

Potensi itu Ada Dalam Diri

Semua potensi yang menuntut kepada kesuksesan sebenarnya bukan berasal dari faktor eksternal. Potensi itu ada dalam diri kita sendiri. Selagi menggali semua potensi itu, teruslah kuatkan diri dengan keyakinan. Biasakan berpikir positif. Pastikan pula bahwa perasaan kita berada di area positif, misalnya selalu lapang dada, bersyukur, rela dengan pemberian-Nya, dan tidak membiarkan diri terjerumus dalam masalah-masalah sepele yang merugikan. 

Kita harus selalu ingat, kebiasaan-kebiasaan positif yang kita bangun merupakan cara untuk meraih hidup sukses.