Wednesday 23 July 2014

Langkah Membangun Mindset Sukses part IV

Tags

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.


Pepatah tua itu tidak pernah lekang di makan waktu. Secara khusus diartikan, seorang anak biasanya mengikuti kebiasaan orang tuanya. Namun secara luas menjelaskan bahwasannya lingkungan sangat kuat membentuk kepribadian dan siapa diri kita.

#Bergabung dengan Orang-orang Sukses

Cara cepat untuk membangun mindset sukses adalah bergabung dengan orang-orang sukses. Dengan begitu, tanpa sadar kita menyerap cara berpikir, melihat, dan mengambil tindakan atas segala sesuatu.

Kita biasanya sangat mudah terpengaruh dengan orang-orang terdekat kita. Jika orang-orang terdekat adalah orang-orang sukses, pintu kesuksesan itu terbuka lebar bagi kita.

Sebuah penelitian mengungkapkan kenapa kelompok remaja perempuan sering menstruasi dalam waktu yang hampir bersamaan? Karena memang ada hormon-hormon yang aktif melalui pertemanan. Maka kita bisa mengaktifkan 'DNA' sukses jika sering exposure dengan orang-orang sukses.

Mungkin pernah terlintas dalam benak Anda, kenapa satu suku terkenal misalnya dengan keahlian niaganya, keahlian melautnya, kemampuan entrepreneurshipnya? Karena keahlian itu diturunkan kepada lingkungan. Sebaliknya lingkungan juga menyerap segala sesuatu yang ada di sekitarnya.

Dalam ilmu sosiologi dikenal dengan istilah "imitasi." Bahwa individu tanpa sadar meniru apa yang lazim terjadi di masyarakat. Kajian neursosains membuktikan bahwa mirror neuron system menyala/berpendar ketika melakuan sesuatu atau menyaksikan suatu aksi yang sama yang dilakukan oleh individu lain.


Jadi bila Anda ingin membangun mindset sukses dalam diri Anda, segeralah berteman dengan orang-orang sukses. Anda bisa sukses lebih cepat.

Lalu bagaimana bila tidak menemukan atau memiliki teman sukses? Anda harus terbiasa dengan pemikiran orang-orang sukses. Kuncinya adalah dengan membaca buku-buku mereka. Akan terjadi interaksi imajiner antara diri Anda dan mereka.

Meskipun secara fisik tidak berteman dengan orang sukses, namun secara pemikiran dan mental Anda berada di level orang-orang sukses. Jika berada di level ini, Anda sudah dapat dikatakan berada di lingkungan orang-orang sukses. Lingkungan bukan sekedar lingkungan fisik, tetapi segala sesuatu yang melingkungi/mengelilingi kepala Anda.Justru pikiran-pikiran yang mengelilingi otak Anda jauh lebih penting daripada lingkungan fisik.

Mulailah membangun Mindset Sukses dengan bergabung dengan orang-orang sukses.