Wednesday 23 July 2014

Abundance Mindset: Menuju Bebas Finansial

Marilah sejenak berguru kepada alam.


Tebanglah pohon-pohon di hutan sana, bencana banjir kelak melanda. Sulutlah obor dengan sepercik api, ia akan hidup dan terbakar. Tanamlah sebutir benih, ia kelak tumbuh dan berkembang.

Dalam fisika, fenomena itu dirangkum dalam sebuah hukum ketiga Newton: Aksi-Reaksi.

"To every action there is always opposed an equal reaction." - Isaac Newton
Selidik punya selidik, hukum aksi-reaksi tidak hanya berlaku di dunia fisika. Seperti diketahui hukum di alam semesta ini seragam. Maka hukum aksi-reaksi berlaku pada kehidupan sosial juga. Sapalah orang lain, Anda akan mendapatkan sapaan balik. Tersenyum dan bergembiralah, Anda pasti mendapatkan dunia penuh senyum untuk Anda. Marahlah, maka Anda mudah menemukan orang lain marah kepada Anda.

Studi di bidang psikologi tak jauh berbeda. Dalam penelitan panjang ditemukan bahwa orang-orang yang memilih untuk bahagia akan mendapati dunia ini penuh dengan kebahagiaan. Sebaliknya, siapa saja yang pandai mengeluh, dunia akan pandai memberikan hal-hal untuk dikeluhkan.

Mari kita beranjak kepada titik yang lebih sublim lagi. Mereka yang berpikir mampu, ternyata benar-benar mampu. Dan mereka yang berpikir tidak bisa, mereka benar-benar tidak bisa. Bukan pada aksinya, tetapi reaksi dari aksi kita itulah akhir dari hukum ini.

Pendek kata, hukum aksi - reaksi senantiasa berlaku di segala lini kehidupan. Kabar gembiranya adalah dengan melakukan aksi tertentu, sudah pasti mendapatkan reaksi yang pasti. Untuk menjadi kaya, lakukan aksi (action) yang memaksa reaksinya datang dalam rupa kekayaan. Dan pilar utama dari semua aksi itu adalah mindset. Mindset apa saja yang menyebabkan kita mendapatkan kekayaan dan kebebasan finansial?

#Abundance Mindset

Abundance mindset berisi mentalitas keberlimpahan. Dengan mentalitas keberlimpahan, tumbuh kesadaran bahwa ia dihujani limpahan rahmat, nikmat, dan rezeki. Bila seseorang sudah merasa diberi segala sesuatu dalam kehidupan ini, ia dengan sendirinya menciptakan mentalitas kaya. 

Dampak terbesar ketika seseorang merasa dilimpahi karunia adalah adanya kemudahan bersyukur. Biasanya pada tahap ini, ia merasa bahwa kerja-kerja kecilnya yang dirakit setiap hari telah mendatangkan rezeki yang jauh lebih besar. Bila dibandingkan antara kerja dan rezeki, bagaikan sebutir debu dan sebuah gunung.

Kembali kepada Hukum Ketiga Newton, Aksi-Reaksi, siapa saja yang menerapkan ini pada tataran mindset, sudah pasti hasilnya dapat terlihat jelas. Aksi yang harus Anda lakukan adalah memiliki Abundace Mindset. Dan sebagaimana dijelaskan dalam Hukum Aksi-Reaksi, pada akhirnya Abundace Mindset milik Anda pasti mendatangkan Reaksi. Kita sudah mengetahui seperti apa bentuk Reaksi itu: kekayaan. 

Anda menginginkan kekayaan ataupun tidak, kekayaan itu sudah pasti menjadi bagian hidup Anda sebagai reaksi dari aksi yang Anda lakukan. Inilah bagian dari Mindset untuk  meraih Bebas Finansial


#Berikutnya adalah langkah-langkah memiliki Abundace Mindset.