Friday 26 August 2016

Cara Sukses Berjualan Di Facebook

Cara Sukses Berjualan di Facebook: Membedah Langkah Mudah Membuat Toko Online 

Era digital menaburkan ribuan peluang. OLX, Berniaga, Lazada, atau tokepedia meraup milyaran dari dunia maya. Ya, sebuah dunia yang selalu hidup selama 24 ham sehari.

Jika Anda ingin memulai bisnis online, platform sosial media merupakan alat ampuh sebagai ujung tombak usaha Anda.  Twitter, Instagram dan Facebook merupakan trisula maut yang dapat menghasilkan pundi-pundi kekayaan.

CARA SUKSES BERJUALAN DI FACEBOOK ADALAH DENGAN PENDEKATAN DIGITAL

Sebenarnya sudah banyak yang berjualan di facebook.  Tetapi kesempatannya masih terbuka luas. Apalagi untuk jangka panjang. Ledakan digital masih terus berlangsung.  Anda yang dilahirkan era 90-an mungkin minimal sudah memiliki beberapa akun di sosial media.

Penjualan smartphone juga merupakan ciri pertumbuhan digital yang terus melambung. Nantinya pasar di dunia maya akan semakin ramai. Kendali kehidupan ada jari tangan. Maka, kesempatan itu terus menerus berkembang semakin lebar.

Hanya saja jika Anda cermati, pendekatan yang dilakukan para penjual di facebook masih selalu market oriented. Sebuah pendekatan penjualan yang agak out of date. Mereka lebih banyak menghabiskan aktivitasnya untuk “berjualan” menawarkan barang.

Padahal apabila Anda menggunakan pendekatan era digital, kemungkinan untuk sukses lebih besar. Yang dimaksudkan pendekatan digital adalah pemberian value kepada pasar, tidak terfokus pada produk.

Ya, value. Produk-produk yang berhasil merangkul pasar adalah produk yang memberikan value. Jadi  cara sukses berjualan di facebook juga harus memberikan value kepada para pelanggan Anda.

Misalnya Anda ingin berjualan di bidang fashion, lebih sempit lagi hijab. Anda tidak hanya menawarkan barang lalu dicantumkan harga sekian-sekian. Anda harus memberikan value, manfaat kepada pasar.

Pasti hasilnya akan memukau jika Anda dengan rutin memberikan tips-tips bagaimana berhijab dengan baik, memberikan tutorial menggunakan hijab, atau filosofi-filosofi di balik itu semua.

Anda juga bisa menuliskan kisah-kisah hijabers sukses. Bagaimana mereka merengkuh kehidupan sukses, bahagia, dan tentram. Sesekali menuliskan quotes yang menyuntikan semangat.

Selain itu, Anda bisa menyelipkan pengetahuan tentang karir, entrepreneurship, parenting, dan segala yang berhubungan dengan kehidupan hijabers. Inti dari semua itu adalah adanya engagment; hubungan kuat antara brand Anda dengan client. Sehingga mereka tidak hanya mendapat penawaran barang, tetapi juga yang lebih penting dari itu: mendapatkan manfaat dari akun facebook Anda.

LANGKAH-LANGKAH MEMBANGUN TOKO ONLINE FACEBOOK

Langkah#1: Filosofi. Mengapa filosofi sangat penting? Filosofi merupakan kerangka acuan bagaimana Anda bertindak. Coba rasakan filosofi para pegawai Hotel ‘We are gentleman, serve Gentleman.” Kami adalah orang-orang terhormat yang melayani orang-orang terhormat.” Filosofi ini menumbuhkan rasa berharga pada semua pegawai. Mereka tidak menggambarkan dirinya sebagai seorang pelayan orang-orang kaya.

Atau blog ini, “Menyajikan tulisan segar tentang human capital, entrepreneurship, dan the power of mind untuk seluruh exclusive readers.” Seluruh sajian di blog ini harus berlandaskan tiga pilar utama tersebut.

Nah, apa filosofi dibalik toko online Anda?

Langkah #2: Membuat Akun. Jika Anda belum membuat akun, bukalah facebook.com. Hanya butuh 5 menit untuk membuat akun di facebook.


Cara Sukses Berjualan di Facebook
Tutorial Cara Sukses Berjualan di Facebook
Langkah #3: Target Pasar. Pengguna internet sangat besar. Temukan ceruknya yang sesuai dengan bisnis Anda. Jika Anda membuka toko online yang menjual  hijab, tambahkan teman-teman yang memang suka dengan jilbab.

Caranya: Ketik “people who like hijab...” Add teman yang menyukai hijab sehingga semua teman Anda adalah orang-orang yang menyukai jilbab.

Lihat gambar di bawah ini.

 Produk-produk yang berhasil merangkul pasar adalah produk yang memberikan value. Jadi  cara sukses berjualan di facebook juga harus memberikan value kepada para pelanggan Anda.
Tutorial Cara Sukses Berjualan di Facebook

Jika Anda meng-klik hijabtrenz, maka akan muncul orang-orang yang like/suka. Add mereka sebagai teman. Cukup 7 orang dalam sehari. Lakukan dengan rutin.

 Produk-produk yang berhasil merangkul pasar adalah produk yang memberikan value. Jadi  cara sukses berjualan di facebook juga har Produk-produk yang berhasil merangkul pasar adalah produk yang memberikan value. Jadi  cara sukses berjualan di facebook juga harus memberikan value kepada para pelanggan Anda. us memberikan value kepada para pelanggan Anda.
Tutorial Cara Berjualan Sukses di Facebook
Langkah #4: Domisili Pelanggan. Pada dasarnya toko online tidak dibatasi oleh luas wilayah. Meskipun Anda misalnya tinggal di Jakarta, pelanggan Anda bisa saja dari daerah-daerah lainnya. Malah bisa dari luar negeri.

Tapi jika Anda menginginkan client yang tinggal  pada daerah tertentu, Anda juga bisa memilihnya. Lihat gambar.

Ada beberapa pilihan yang mungkin dapat Anda gunakan. Misalnya Anda hanya ingin teman-teman yang domisili di Jakarta. Maka nanti yang dimunculkan hanya mereka yang tinggal di Jakarta.


 Produk-produk yang berhasil merangkul pasar adalah produk yang memberikan value. Jadi  cara sukses berjualan di facebook juga harus memberikan value kepada para pelanggan Anda.
Tutorial Cara Berjualan di Facebook

Langkah #5. Gunakan Gambar. Beberapa platform sosial media memang memaksimalkan gambar, seperti instagram dan facebook. Gunakan gambar-gambar yang menarik, mewah, dan elegan. Satu gambar lebih bermakna dari kata-kata.

Pelajari bagaimana brand-brand terkenal memajang produknya di dunia maya. Mereka menggunakan sedikit kata. Hanya penjelasan dengan beberapa kata. Namun dikesankan dengan cara yang paling elegan.

Perhatikan cara brand-brand terkenal ini menyajikan produknya.

























Langkah#6:  Berikan alamat dan Kontak Jelas. Anda bisa mencantumkan nomor telepon, hp, bb, dan aplikasi sejenis.

PERLU DIPERHATIKAN!

  1.  Hati-hati terhadap penipuan. Ada sebagian penipu yang menghubungi Anda, mengatakan bahwa mereka sudah memesan dan mentransfer uang sejumlah tertentu. Kemudian mereka membatalkan pembelian dan meminta uang kembali. Jangan pernah takut walaupun mereka menggertak. 
  2. Jadwalkan kerja Anda. Misalnya dari jam 8.00 hingga 16.00. Jangan biarkan stamina Anda tersedot seluruhnya ke pekerjaan. Pikiran dan tubuh perlu rehat. Justru ini yang akan menyuntikan stamina bisnis Anda.
Demikian beberapa cara sukses berjualan di facebook. Ikuti terus sajian segar kami.