Thursday 24 July 2014

Kambing Hitam Kegagalan

# Serial Mindset Sukses, Cara Hidup Sukses


Mereka yang berhasil juga mempunyai berbagai halangan dan rintangan. Tetapi mereka tidak membesar-besarkannya. Rintangan adalah hal biasa dalam menaiki tangga kesuksesan.

Di pihak lain, orang-orang gagal  selalu saja menemukan dan membesar-besarkan hambatan, dijadikan "kambing hitam" atas kegagalan dirinya. Mindset seperti ini sudah barang tentu menghalanginya dari sukses. Bagaimana kita mengatakan bahwa cara hidup kita adalah cara-cara hidup sukses jika masih mengkambing hitamkan sesuatu untuk menyembunyikan rasa pengecut kita?

Apa saja yang bisa dijadikan kambing hitam? Saya banyak memperhatikan hal serupa pada teman, kenalan, keluarga, dan pada diri sendiri. Selalu saja ada hal-hal yang dikemukakan sebagai jalan keluar untuk menghindari tanggung jawab dan menghindari kesempatan.

Seorang laki-laki yang berpendidikan tinggi dan memadai berkesempatan untuk berkembang, tetapi karena hatinya dipenuhi perasaan bahwa dia tidak akan berhasil. Maka dia akan melihat dirinya sebagai orang yang gagal. Ia sebenarnya mengetahui semua cara-cara untuk sukses, tapi karena pemikiran tadi pada akhirnya toh dia menampilkan pribadi yang lemah.

Ia akan berusaha untuk menjelaskan mengapa hidupnya tidak kunjung membaik. "Pendidikannya yang kurang memadai'," Tidak punya modal untuk membuka usaha"," Selalu ditimpa sial","Sulit menemukan orang-orang baik." Dan masih banyak hal yang bisa dijadikannya sebagai kambing hitam.

Dan perhatikanlah, ketika seseorang bisa menemukan "kambing hitam" itu, ia akan merasa sedikit tenang karena sudah menutupi kegagalannya. Lambat laun ini menjadi ciri khasnya, bermindset tetap, selalu berpikir dan berkata negatif, dan terbiasalah ia dalam keadaan yang tidak menyenangkan itu. Ia lupa bagaimana menjalankan cara hidup sukses, dan terbiasa dengan  bagaimana hidup gagal.

Orang semacam ini tidak mungkin bermindset sukses. Terlihat jelas mindsetnya adalah gagal. Cara berpikirnya bukan cara sukses, tetapi cara hebat untuk gagal. Oleh karena itu, kita sudah seharusnya memperbaiki kualitas diri kita agar menghindari diri dari menjadi pribadi yang pandai mencari kambing hitam atas satu kegagalan. 

Kita harus bersedia belajar menjadi pribadi dengan mindset sukses dan bersedia melakukan cara-cara hidup orang sukses.