Thursday 4 September 2014

Wanita Sukses Indonesia di Ranah Bisnis Kosmetik

Wanita Sukses Indonesia | Nurhayati Subakat


Nurhayati Subakat, Wanita Sukses Indonesia

NURHAYATI SUBAKAT, WARDAH COSMETICS

Simplify your life. Simplify your business. Dua kalimat tadi sangat tepat menggambarkan filosofi hidup salah satu wanita sukses di Indonesia, Nurhayati Subakat, pendiri Wardah Cosmetics. Bisnis bisa muncul dari ide-ide sangat sederhana. Dijalankan dengan cara sederhana. Namun justru kesederhanaan itu adalah kuncinya. Mengutip kata-kata Leonardo da Vinci,"Simplicity is the ultimate sophistication."

Wardah Cosmetics adalah anti-tesis dari pemikiran-pemikiran canggih dunia bisnis. Bagi Anda yang terbiasa bergelut dengan berbagai pemikiran di dunia kampus, sedikit sulit mengembangkan kerangka berfikir yang simpel. Ada begitu sudut pandang, pertimbangan, dan variabel-variabel lain sehingga segala sesuatunya terlihat sangat rumit. Padahal kenyataan tidak demikian.

Kesederhanaan atau simplicity adalah inti sari dari perasan pengetahuan. Orang-orang yang memiliki pengetahuan mendalam dapat menjelaskan sesuatu dalam bahasa sederhana.

Orang-orang dengan kerangka berfikir sederhana memiliki beberapa kelebihan. Di antara kelebihan itu adalah kemudahan mengambil tindakan. Mereka adalah orang-orang yang gaptek alias gampang praktek. Mungkin ini juga menjelaskan mengapa banyak lulusan SMP yang sukses di arena entepreneurship. 

Teori yang dipraktekan memberikan impak powerful. Sebaliknya teori tanpa praktek hanya melahirkan pengetahuan-pengetahuan megah tanpa akar serabut yang menghujam bumi. Segalanya sebatas angan-angan tanpa kenyataan. 

Membaca kisah Nurhayati Subakat, Anda menemukan setumpuk kesederhanaan yang begitu indah. Anda tidak akan disuguhi kata-kata canggih seperti yang biasa kita temukan dari para motivator. Tidak sama sekali. 

Berikut beberapa petikan kata-kata beliau. Kita dapat melihat sebuah gambaran kepribadian dari wanita sukses ini. 
Silaturahmi itu penting. Usaha saya lebih banyak menjalankan silaturahmi.
Kalau saya tutup, bagaimana nasib karyawan saya. Dengan apa menghidupi keluarganya.
Ini pertolongan Allah buat saya, karena saya setelah kejadian kebakaran banyak dibantu supplier. Saya langsung ditawarkan keesokan harinya oleh kenalan untuk mendapatkan tempat lagi.
Kami dikejar-kejar CEO perusahan kosmetik dunia. Mereka tanya apa yang membuat Wardah bisa seperti ini, lalu saya jawab ini karena pertolongan Allah.

Apa Langkah Rahasia Nurhayati Subakat?

Strategi sukses apa yang sebenarnya yang dilakukan Nurhayati Subakat? Berikut sedikit analisa mengenai kunci-kunci sukses beliau.

Rahasia #1: 5P Marketing Mix. Dalam membangun usahanya, Nurhayati Subakat tidak merumitkan pekerjaan dengan pemikiran-pemikiran rumit. Ia mempelajari konsep 4P Marketing Mix, yakni Price, Product, Promotion, Place. Dan satu yang P yang ditambahkannya P untuk Pertolongan Allah. Sangat simpel. 

Rahasia #2: Mindset. Lagi-lagi jika membaca kisah orang-orang sukses selalu lekat dengan pola pikir: mindset. Nurhayati Subakat memiliki satu keyakinan kuat sebagaimana ucapannya, "Dengan penduduk yang banyak, saya percaya brand lokal Indonesia pasti bisa menjadi raja di negara sendiri." 

Mindset seperti ini membuat servo mechanism bekerja, mewujudkan gambaran dalam benak bagaimanapun caranya. 

Rahasia #3: Sabar dan Istiqomah. Menurutnya kunci sukses dalam membangun usaha adalah sabar dan istiqomah. Atau dalam bahasa sekarang biasa disebut persistence dan resilience.

Rahasia #4: Gifted. Sebagaimana hasil riset Jim Collins, para CEO sukses senantiasa bersifat rendah hati. Dan alih-alih berpikir prestasinya sebagai hasil dari kecerdasan dan kerja kerasnya, mereka lebih menganggap kesuksesan itu sebagai anugerah. 

Hampir semua CEO sukses memiliki ciri tersebut. Mereka melihat kecil kontribusinya dalam kesuksesan. Semua pencapaian itu semata-mata anugerah dari Tuhan. 

Ranah psikologi mungkin lebih tepat menjelaskan fenomena tersebut. Ketika seseorang menyandarkan perbuatan baiknya kepada Tuhan, ia merasa ringan melakukan sesuatu perbuatan tersebut. Kita merasa berat melakukan kebaikan karena menyandarkannya kepada kekuatan kita sendiri. 

Nurhayati Subakat adalah contoh dari wanita sukses Indonesia yang menumbuhkan bisnisnya dengan nilai-nilai luhur. Maka sebelum sukses bisnis, kita seharusnya sukses membangun kepribadian terlebih dahulu. Karena kepribadian itu yang melandasi kesuksesan lainnya. 


Wardah Cosmectic berawal dari usaha rumahan. Jangan pernah menyepelakan usaha kecil kita. Bisa saja sebagai jalan menuju puncak kesuksesan.